Pages

RSS

Welcome to my Blog
Hope you enjoy reading.

Kamis, 25 Juni 2009

Etika di tepat kerja

Dalam teori, etiket adalah cara bagi seseorang untuk mengungkapkan rasa saling hormat satu sama lain. Dalam praktiknya, etiket merupakan serangkaian petunjuk yang membingungkan dan berubah-ubah yang tidak semua orang ikuti.

Contohnya, suatu waktu anda makan di sebuah restoran atau bahkan di rumah, perhatikan berapa orang yang meletekan sikut mereka di meja. Bagi beberapa restoran, semua tangan di atas meja mendekati waktu makan merupakan pelanggaran yang tak termaafkan. Bagi yang lain, anda akan terlihat kaku jika tidak menyondongkan tangan untuk terlibat dalam percakapan karena anda lebih memperhatikan postur anda.

Ketika anda meninggalkan kenyamanan di rumah anda, iya atau tidak orang akan memenuhi harapan anda dengan berbagai macam etiket yang diluar kendali anda. Anda akan berpikir bahwa "Pak" atau "Bu" adalah cara sopan untuk memanggil seseorang, sementara orang lain akan berpikir anda kasar jika tidak melakukannya. Dan siapa yang tahu jika masih ada yang peduli dimana anda meletakkan sikut anda ketika makan?

Etiket dan tatakrama masih berlaku di tempat kerja, tapi tidak sekaku ketika makan di sebuah restoran. Etiket tempat kerja yang perlu anda pikirkan lebih kepada pertimbangan daripada suatu tradisi. Terkadang kita tidak menyadari hal kecil bisa menjengkelkan orang lain.

Berikut ini adalah suatu waktu sepanjang hari ketika anda mungkin ingin berhenti dan berpikir tentang apakah anda sudah menjadi rekan kerja yang bailk:

1. Menunggu lift...
-Jangan tekan tombol naik ketika pintu lift akan tertutup hanya untuk membuat orang lain menunggu anda untuk masuk ke dalam.
- Jangan tahan pintu lift terbuka jika seseorang hanya beberapa detik tertinggal.

2. Di dalam lift...
- Jangan berdiri dekat seseorang dengan tidak nyaman, terutama jika masih anda ruang kosong. Memaksa diri anda ke dalam sekotak lift dengan cara menyelipkan diri anda diantara orang-orang, hanya akan memperburuk diri anda.
- Tutupilah mulut anda ketika batuk atau bersin. (Bukan hanya di lift, tapi dimanapun juga). Anda mungkin berpikir itu sudah pasti, tapi belum tentu.

3. Dalam ruang administrasi...
- Jangan lupa bahwa ruang staff administrasi juga bagian dari perusahaan. Jika anda masuk ke dalamnya, mengambil surat anda, dan pergi begitu saja seolah-olah surat itu secara ajaib muncul di sana, dan orang-orang yang bekerja di sana tidak mengetahuinya, anda bersikap tidak sopan.
- Ucapkanlah terima kasih pada rekan kerja anda di seluruh gedung kantor anda. Mulai dari staff maintenance sampai sekuriti dan pekerja kantin, beberapa orang di sana membantu hari kerja anda lebih mudah. Baik itu ucapan terima kasih atau berbicara singkat di lift, berbincanglah dengan orang-orang di luar lingkup kerja anda.

4. Di telepon...
Jangan memaksa untuk menelepon seseorang, telaponlah kembali beberapa jam lagi, teleponlah lagi keitga kalinya di siang hari untuk meninggalkan pesan, lalu kirimlah e-mail. Tidak setiap orang ada ketika anda membutuhkannya, jadi berikan mereka waktu untuk memberi respon. Berikan waktu satu hari atau seminggu (tergantung pada kepentingannya) sebelum menindaklanjuti.

5. Di lorong kantor...
Jangan sergap seseorang secara tiba-tiba dengan pertanyaa. Jika anda sudah menunggu atasan anda untuk menjawab pertanyaan anda dan anda menghampirinya ketika ia terburu-buru menuju meeting, jangan sudutkan ia dengan pertanyaan anda. Satu hal, anda tidak tahu kalau ia ada pertemuan mendesak. Juga, jawabannya mungkin akan lebih rumit dari sekedar ya atau tidak, dan ia mungkin tidak ingin memberikan catatan pada anda ketika menuju lift.

6. Dalam meeting...
Simpanlah komentar yang tidak perlu. Tentu, meeting bisa jadi membosankan dan orang lain terlalu bersemangat, tapi berbisik-bisik dengan rekan kerja anda adalah sikap yang tidak menghargai siapapun yang sedang berbicara dan orang yang ingin berkonsentrasi. Tambahan
lagi, sikap negatif anda tidak akan dibiarkan begitu saja oleh atasan anda.

7. Di kamar kecil...
Cucilah tangan anda. Jika anda meninggalkan kamar kecil tanpa mencuci tangan dan seseorang melihatnya, anda akan dianggap orang yang penuh kuman di kantor. Lebih buruk lagi, hal itu membuat orang jijik dan membuat mereka tidak ingin sama sekali dekat-dekat ke meja anda.

8. Di meja anda...
Jangan mengeluh soal cuaca, beban kerja anda, atasan, bayaran anda dan hal lain yang anda hadapi. Tentu, mengeluarkan uneg-uneg adalah yang orang-orang lakukan, tapi sikap negatif yang terus-menrus keluar mengganggu orang di sekitar anda. Tak berapa lama orang-orang akan memasang headphone untuk menghindari ocehan anda. (Camkan ini ketika anda juga berada dalam lift. Tidak seorang ingin turun sepuluh lantai denga orang selalu mengumpat).


Sumber : www.perempuan.com

0 komentar:

Posting Komentar